Top Post

Kamis, 28 Agustus 2014

Gelar Jepang UI 2014 ~day 2

Masih newbie sama acara2 festival Jepang, cuz selama ini sibuk ngerjain tugas mulu gak ada berhentinya...lol..akhirnya setelah semua tugas2 itu sirna, gw bisa jg balik lagi ke kota besar ini, selama waktu senggang, puas - puasin buat having fun, sebelum tugas2 alay muncul kembali ke kehidupan gw..hhahhah..
Tau acara Gelar Jepang UI? itu acara kebudayaan Jepang yang setiap tahun diadakan oleh Sastra Jepang UI. Diadakan selama 3 hari, tahun ini jadwalnya pada 22-24 agustus 2014, hari pertama dan ke-2 diadakan di gedung Pusat Studi Jepang UI (dekat Stasiun Universitas Indonesia), sedangkan hari ke-3 merupakan event besarnya dengan htm Rp. 15rb diadakan di Boulevard UI deket (Stasiun Pondok Cina).
Untungnya di SNS (social network service) *hahhah korean style, tau kan? media sosial maksud q*, banyak page tentang Jepang-jepangan, jadi pas tau ada event ini langsung deh cari -cari info. Kedapetan juga ada workshop menarik nehh..yaitu, Workshop Chanoyu (upacara minum teh ala jepang)..wahh kebayang tehh, jadi ngiler..apalagi Japanese style, pasti banyak adabnya, menarikk bgt.  Untuk acara ini sebulan sebelum acara, aq udah daftar online ke mereka, setelah itu mereka kasih konfirmasi2, dan akhirnya waktu untuk bayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 35rb. Jadwal acaranya sih hari sabtu tgl 23 Agustus 2014 jam 11.00, terdapat 2 sesi, setiap sesi berlangsung selama 30 menit.

THE DAY ~ day 2
Akhirnya datang juga waktu yang kita tunggu-tunggu. Dengan teman SMP q dulu, kami langsung pergi pagi-pagi ke stasiun. Namanya juga udah lama gak ketemu, jadi lebih byk bernostalgila dan berkepo ria..hahhaaa. Waktu perjalanan 2 jam dari rumah gw nyampe ke sana. Nyampe di sana ternyata masih sepii euyy, mereka masih beres-beres buat buka lapak, dan udah ada juga orang2 yang nyampe pagi2 semacem kami ini. Mereka bilang buka jam 10.00.

Di depan gedung Pusat Studi Jepang itu terdapat gate denga gaya tradisonal jepang, yakni gerbang kuil shinto itu lho..kami pun ngatri di sana, wah antrian udah panjang melebihi gate tsb. Tiba-tiba da mobil warna silver mau keluar dari area gedung. Dalem hati gw "apaaann sihh, udah tau byk yang ngantri asal lewat aja". Pas w liat ke rah belakang, wah emg itu kali jalan keluar satu-satunya. Dan tiba-tiba kaca jendela belakang mobil terbuka, dan muncul kepala orang, seorang bapak berwajah jepang berpakaian batik, dengan senyum ramah, sopan, dan halus meminta izin pada kami untuk lewat, " permisi..permisi..mari kita lewat". Gw langsung "okkeeyy...krn anda sopan, kami pun sopan, no problem sir, silakan lewat". Gak kayak orang kebnyakan apalagi orang besar ato punya jabatan, biasanya lewat asal lewat wae gak ngomong2 dulu, klo bapak jepang ini beda cerita, itu pun buka supirnya yang minta izin ke kami, bapak itu sendiri..i wanna say "you're sugoii"..
Tiba saatnya masuk ke area gedung dalam, ada booth CD Yun*chi, booth NHK World, dll..pada area sebelah kanan belakang terdapat food area, yakni makanan jalanan jepang. Karena kami ada workshop jam 11.00 dan harus daftar ulang dulu, kami pun langsung naik ke lantai 2 untuk ke ruangan setelah daftar ulang di booth GJUI dekat pintu masuk. Ternyata masih sepi euyy..kami pun duduk-duduk di kursi kelas yang empuk yang dijajarkan di koridor. Terlihat wanita cantik mengenakan kimono coklat ke-oranye-an sedang berbicara ditelepon pada koridor depan ruang Workshop Chanoyu, wajahnya berciri khaskan orang Jepang, tapi yang terdengar samar-samar dia berbicara bahasa indonesia layaknya orang indonesia asli. Terbesit dipikiran, mungkin dia orang Indonesia keturunan tionghoa, dan kedapetan wajah jepang.
Karena kami lapar, kami pun turun ke lantai bawah lagi ke area food, pada perjalanan menuju ke tangga bawah, malah banyak orang-orang ramai naik ke lantai atas..~~~doeennkzzz, kami pergi mereka datang, dunia emg suka gak berpihak nehh..
Aromanya udah harum banget dan bikin ngiler euyy..ada banyak jenis makanan Jepang, aq pengen makan makanan jepang yang belum pernah ku coba, tapi sayang uang cuma dikit, jadi cuma beli yang simple aja, Okonomiyaki seharga Rp 25rb, disebutnya sih pizza ala jepang, tapi menurut q wujudnya mirip omelet sayur atau bakwan sayur denagn rasa-rasa seafood.
Jalan ke arah kolam, di jembatan ada ranting dan bunga sakura (imitasi), so beautiful, kawaii..lol..banyak dh orang2 mulai berfoto ria di sana, termasuk kami. Saat gw lagi nyentuh bunga sakuranya ada mbak2 staf GJUI nya warning-in gw " ati2 ya mbakk", gw jawab "iyaaa" with smile tp dalam hati "iyooo lahh, tau jg aq ini gak boleh dirusak, imitasi juga bukan asli" hahah..evil mind
Jam 11.00 sesi pertama Workshop Chanoyu pun mulai, kami duduk di kursi kuliah dengan pola line setengah lingkaran mengelilingi pusat nona yang akan membuat teh jepangnya. Di sana, hening bgt, suara nafas pun gak terdengar kali entah mengapa diriku merasa awkward..inilah an awkward moment when it's not an awkward moment.
Ibu yang berkimono coklat ke-oranyean tsb merupakan speakpersonnya, sepertinya dia orang jepang, cuz ada pelafalan D dan N yang agak cadel, dimana D dibaca ditengah lidah dan N dibaca spt "NG", adajuga kalimat yg ku pikir agak kaku..btw, balik lg, nona yang sedang berkimono coklat peach itu peramu tehnya, saya lupa istilahnya, cuz belum familiar, dan malas mencari tahu..hhhee, sedangkan nona with jilbab berkimono magenta itu penyaji tehnya. Aku kurang yakin mereka pake kimono atau yukata..yukata kalii ya..hhhee, ~~lagi-lagi gak mau mencari tahu..
Chanoyu ini versi outdoor, atau versi untuk orang tua, makanya dia duduk di kursi bukan duduk bersilah agar kita gak kotor atau agar orang tuanya gak pegal-pegal, teh hijau tang disajikan juga versi ringan, untuk menyesuaikan dengan lidah kami yang masih polos dengan rasa pahit kental.
Di sana kami disuguhkan cake jepang, yang bentuknya setengah bola, berdiameter 1 cm mungkin..rasanya mirip Brem Madiun. 
Orang-orang yang berdiri rapi di bagian kiri ini merupakan, asisten yang membantu berlangsungnya acara saji-menyaji workshop chanoyu ini.
Speakperson tsb menjelaskan kegunaan masing-masing alat2 yang ada di sana, dan menjelaskan ttg adab istiadat serta filosofinya. Sang peramu teh pun sangat lihai dan lemah gemulai saat meracik tehnya, dan kami pun diam membisu. Satu mangkuk teh dibagi untuk 5 orang, terdapat 15 orang didalam ruang sesi pertama ini, maka terdapat 3 mangkuk teh yang disiapkan, terdapat tata cara minum teh yang benar ala jepang yang diajarkan :
1. Pada mangkuk terdapat area gambar lukisan dan area yang polos, area gambar tsb mengahadap ke tamu saat diberikan.
2. Pada saat kita menerima, kita harus putar mangkuk tsb 2x, dengan area gambar mangkuk mengarah pada orang lain/tamu lain, dan area polos area dmn kita boleh minum.
3. Sebelum minum, kita harus mengangkat mangkuk ke kanan kiri tamu kita lalu ke arah atas kepada kuasa.
4. Saat minum, dikira-kira untuk pas 5 orang, walaupun teh masih byk pada orang terakhir, orang terakhir harus meminum semua teh tsb.. pahit pahit lu..hahha
5. Setelah kita minum, mangkuk bekas area kita minum harap dilap dengan jari kita, lalu jari kita, kita lap ke tisu..(iyaa gak yaa..waduhh agak lupa)
6. Lalu putar lagi mangkuknya, dengan area gambar mengahdap ke tamu.
Setelah sesi minum teh, saatnya tanya jawab..
Setelah Workshop selesai, kami pun menuju ke lantai bawah, wahhh udah rame bgt di bawah sana, kami berhenti sebentar membaca komik-komik hasil pemenang lomba dan jg ada fan art yang keren..

Kami masuk ke gedung dekat dengan food area, di sana ada yang jual perna pernik otaku gt dh..dan sumpah rammeee bgt kyk siput aja jalannya serame AFAID kemaren..lol, manusia pada berdempetan, dan risihnya dibelakang gw ada cwok, dempett bgt yaa, tas gw pun gw letak didepan gw takut ada yang maling2..k'pretozz..
Setelah terhibur dengan komik lucu nya dan membuang waktu di area pernak pernik tsb, kami pergi ke food area lagi..karena kantong hampir kosong kami cuma beli es krim seharga Rp. 15rb, lol...

Kami berhenti di dekat booth NHK World, wow, disana ada foto bareng sama Domo, katanya sih nanti amu di share di FB Pagenya NHK World, tapi gw lum liat ada tanda2, dan free post card klo ngelike facebook pagenya NHK World, ngantri lagi dhh di sini buat foto bareng cute Domo..dan gw dapet postcard juga.
Domo
Postcard NHK World, sorry ngeblurr nii gambarnya.
Jangan lupa foto bareng sama Cosplayers, untuk hari ke-2 ini Cosplayersnya kurang banyak sih..tapi cukup menghibur..dan satu manusia berkepala kardus ini sering gw lihat klo ada acara jepang-jepangan, waktu di AFAID 2014 kemarin pun gw juga ketemu, orang2 pada heboh sama dia gara-gara tulisan dibelakang kardusnya..mau tau apa, ntr ku kasih tau yaa di next artikel..hhee




Selanjutnya gw bakalan share ttg Gelar Jepang UI day 3..silakan menunggu ya.. ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baner