The Sexy Concept in K-Pop Idol Girl-Group



Girl's Generation (Sexy + Cute + Elegant)

Nama koreanya ialah SNSD, Group asahan SM Entertainment ini merupakan Idol Girl Group yang terdiri dari 9 orang ini memiliki konsep yang Sexy dan cute, konsep Sexy pada SNSD tidaklah terlalu mengumbar-umbarkan lekuk tubuh atau spot intim tubuh mereka. SNSD menampilkan keseksian mereka melalui kaki mereka dan terkadang perut mereka, dan hal tersebut tidak terlalu disorot fokus yang dapat memberikan kesan murahan.
Wardrobe yang mereka pakai lebih sering style yang seragam dan sama satu jenis. Seperti di MV mereka Gee, Oh, genie, dll. Mereka mulai tampil beda saat Comeback The Boys dan I Got A Boy. Walaupun dalam Performing dance dan MV mereka mengandunh unsur Sexy, tapi sexy yang terbentuk ialah sebuah wujud yang tak mengurangi martabat mereka sebagai wanita..(lebayy..hahah)


Sub unit SNSD ialah TTS (Tiaeyeon, Tiffany, Seohyun) dengan konsep yang glamor dan anggun.
Vokalis utamanya ialah Taeyeon, Jessica, Seohyun, dan Tiffany, menurut q mereka memilki talenta dalam bernyanyi,

Sunny memiliki suara yang bagus juga tetapi jika dibandigkan dengan keempat member sebelumnya yaah..masihh sedikit dibawah lah,

member dengan dance terbaik ialah Hyoyeon dan Yuri. Nah...sedangkan Yoona dan Sooyoung..aku tak paham diri kalian berada di posisi apa..sorry
.

2NE1 (Expensive + Fashionista + kinda sexy)
YG Entertainment akhirnya memiliki girl grup mereka yakni 2NE1. Member yang terdiri dari Dara, Bom, Minzy, dan CL ini memiliki gaya yang unik dan nyentrik di tiap-tiap comeback mereka, dalam satu MV mereka memiliki 3-4 kali hairstyle, wardrobe dan stage interior yang berbeda-beda (modall bgt sumpah...).
Dalam performing dancenya, mereka selalu tampil enerjik dan up beat dengan gerakan-geraka yang cepat dan lentur, khususnya Minzy dan CL, mereka berdua ini icon dance dari 2NE1. Penampilan mereka itu sexy yang berkesan mahal, dengan wardrobe mereka yang unik dan beda mereka seperti fashionista di atas panggung. Wardrobe dan style mereka pada penampilan masing-masing member,  bisa dilihat dari hairstyle dan gaya berpakaina mereka masing-masing kan..?




Mereka semua bertalenta dengan keunikan tersendiri, Dara memiliki suara yang lembut, Bom dengan high notes nya,

Minzy dengan Dance Machinenya dia juga memiliki suara yang indah..  

Leader 2NE1 ialah Cl, dia buka member tertua di 2NE1, mungkin dia memiliki kepemimpinan yang lebih dari member lainnya, atau karean golongan darahnya A? i duunno..dia merupakan main rapper dan juga klao ngedance lentur banget.

CL debut solo dengan debut perdananya The Baddest Female dengan konsep sexy yang strong dan cool, terlihat sensual tapi kenpa kalo CL yang pake malah kayak berkesan mahal ya..


After School (Sexy + Elegant + Strong)

Member Afterschool ini selalu berubah-ubah, i dunno y maksud dari Pledis Entertainment ini, dimana member-membernya menyatakan lulus dari after school, ada yang beralasan untuk melanjutkan studi mereka, ada juga yang tanpa alasan (mungkin karena umur yang semakin tua..)..Sekilas melihat After School mereka tampak Sexy dan Funky dengan postur tubuh yang tinggi dan atletis mereka terlihat seperti trainer di Gym..hahhah..
Katanya sih After School itu Pussy Cat Dolls nya Korea..mungkin bisa dibilang seperti itu, karena mereka gak cuma nampang sexy aja tapi memang bertalenta dan tidak murahan. Keseksian After School merupakan wujud seksi yang anggun, walaupun mengmbar aurat yahhh...i dunno y, tapi mereka terlihat berkelas. Karakter orang-orang after school ini juga tidak centil dan berisik ketawa ketiwi ga jelas, mereka calm dan anggun dan tetap simple. 



After School memiliki banyak Sub Unit, yakni Orange Caramel (Raina, Nana, Lizzy) dengan konsep yang cute dan unik seperti lolita berbeda jauh dengan konsep biasa After School.

Sub Unit lainnya ialah After School Blue (Raina, Lizzy, Joonyeon, E-young) dengan konsep cute dan polos.

Sub unit lainnya ialah After School Red (Kahi, Jungah, Uee, Nana) dengan konsep Sexy.

Semua member punya talenta masing-masing, baik bernyanyi ataupun dance skillnya..Main Vokalisnya ialah Raina dengan high notesnya, Lizzy dengan suara indahnya.

Jooyoung dan e-young masing-masing memiliki suara yang berbeda, Jooyeon lebih ke berat dewasa dan E-young lembut dan cute. e-young memiliki bakat memainkan alat-alat musik. Sedangkan Kaeun..mungkin karena dia maknae atau karena visualnya..Suaranya lumayan berbeda dan bagus sih

Nah..sedangakan Uee dan Nana, aku gak pikir mereka punya suara yang indah, apa karena postur mereka tinggi dan wajah cantik, btw, Uee dan Nana member favorit gw sihh..

Leadernya dulu ialah Kahi the dance machine and rappernya dan bergolongan darah O, sekarang dia udah lulus dari After School..padahal itu member yang paling keren dan multi talenta, dulu dia pernah di asuh SM Entertainmet dan pernah berpacaran dengan Park Yoochun sewaktu di TVXQ dulu..hufft..

dan untuk saat ini aku gak tau leadernya siapa, apa mungkin Jung Ah si suara indah O type dan juga dia member yang paling tua di After school untuk saat ini??



Nine Muses (Sexy + Elegant)

Berisikan 9 anggota dari agensi Star Empire, manusia berkaki jenjang dan cantik dengan masing-masing talenta yang berkarakter. Nine Muses dikabarkan menjiplak SNSD dalam segala hal..yang membedakan adalah member Nine Muses memiliki postur tubuh yang lebih tinggi dari pada SNSD (itu kata orang-orang yang pertama kali melihat).
Tapi sejauh diriku mendengarkan musik-musik mereka dan melihat penampilan mereka, mereka jauh dari konsep SNSD. Dari segi jenis musik, Nine Muses lebih ke Pop dengan kesan yang feminim dan dewasa, sedangkan SNSD memiliki jenis musik Pop yang sangat K-pop. Dan dari segi dance mereka, kolaborasi dari line line nya sangat kompleks dan up beat, sedanhkan SNSD lebih ke dance yang lembut dan line dancenya sejajar. Dari segi fisik wajah, Nine Muses lebih menampilkan sosok wajah wanita yang dewasa dan anggun, sedangkan SNSD memiliki karakter yang cute dan manis.





Anggota Nine Muses masing-masing memiliki fungsi masing-masing dalam grup, yakni lebih condong vokalis dan rapper, dari segi dance sepertinya mereka tidak memiliki dance machine. Vokalis utamanya ialah, Sera (sudah keluar), Hyuna, Kyungri,

Sedangkan Hyemi memiliki high notes, dan Sungah memiliki karakter suara yang berbeda,

Rappernya ialah Erin dan Eunji (sudah keluar).

Member yang kurang menurut aku ialah Leesam (sudah keluar) dan Minha, apa mereka cuma nampang visual aja, cuz menurut aku member lainnya gak kalah cantik dari mereka..

Aku bingung sama grup ini banyak banget member-membernya keluar, apa karena tekanan mental dan bos bos Star empire itu suka menghukum mereka secara fisik dan mental (wajar) itu desas desusnya.

iss A (Sexy + Elegant)

Grup wanita yang berisikan Jia, Min, Fei, dan Suzy ini merupakan grup asahan JYP Entertainment, dimana awal tampilan mereka berkesan cute sexy pada MV I Can't Breath dan semakin berjalan waktu mereka semakin dewasa dan berubah menjadi Sexy Anggun seperti sekarang ini. Style mereka di setiap comeback selalu seragam satu jenis tetapi memiliki detail style yang berbeda. 

Menrurut gw, anggota Miss A ini bakat karakter masing-masing membernya gak terlalu ditonjolkan, jadi musik mereka itu seperti fokus pada keinginan JYP nya..
Jia dan Min jago nge-dance serta rap dan vokal,

Fei dan Suzy mungkin dari suara dan visual mereka.


4 Minute (Cute + Fun + Sexy)
Grup keluaran Cube Entertainment ini terdiri dari Hyuna, Gayoon, Jihyun, Jiyoon, dan Sohyun. Konsep mereka Sexy dan terlihat lebih ke Funky dan Young. Vokalis utamanya ialah Gayoon,
rappernya ialah Hyuna dan Jiyoon, Hyuna juga merupakan dancer utamanya.

sedangkan Jihyun dan Sohyun lebih ke visual, mungkin..yang ku lihat seperti itu.






Sistar (Sexy Agressive + Elegant + but kinda cheap)

Grup arahan Agensi Starship Entertainment ini terdiri 4 orang wanita. Konsep Sistar ini dari awal sudah terlihat Sexy dan Agresif serta wajah mereka terlihat lebih tua dari usia asli mereka. Dari segi shoot MV, photoshooting sampai Live performance, Ke-sexy-an mereka lebih difokuskan oleh lekuk tubuh mereka dan bagian-bagian tubuh mereka, serta dance yang sexy Lentik tersebut malah membuat mereka terlihat lebih Agresif dan berkesan murah.
Dari segi style mereka, Sistar sangat menonjolkan kaki mereka, serta pinggul, bokong, dan dada mereka. Gw gak pernah liat mereka semuanya berpenampila sedikit tertutup.
Semua selalu pakian yang ketat dan agak transparan.


Sistar memiliki Sub-unit duo Sistar 19 yakni terdiri dari hyorin dan Bora yang merupakan teamn seumuran pada saat mereka debut Sistar 19. Konsepnya Sexy, tapi terlihat elegant walaupun sensual.
Sistar terdiri dari Hyorin sebagai Leader dan Main Vokalist terkadang sebagai Rapper dan Lead Dancer (multi talented bangettt..), Soyu sebagai Main Vokalis juga.

Bora sebagai Main Rapper,Bora merupakan anggota Sistar yang paling teratletik, maksudnya dia bakatnya lebih ke olahraga dan Dasoom..menurut q dia kurang dikembangkan bakatnya, jadi dia lebih berkesan seperti visual dari Sistar.

Dari semua anggota Sistar ini, mereka merupakan idol yang jago dalam bidang olahraga..

Girl's Day (From Cute to Sexy Cheap)

Grup keluaran Loen Entertainment ini terdiri dari 5 orang pada awalnya, dan entah kenapa membernya satu orang keluar dari grup, Jadi saat ini member Girl's day terdiri dari 4 orang. Awalnya Girl's day muncul dengan konsep yang cute, cute namun tetap terlihat sexy. Terlihat di MV Twinkle Twinkle

Lama kelamaan konsep mereka tiba-tiba berubah menjadi sexy yang sangat provokatif dan kesanya flirty bitchy, terlihat murah, itu kalau dilihat dari segi dancenya dan kostum. Contohnya ialah di MV mereka Expextation female president, dan Something.

Pada saat itu sedang ada isu bahwa konsep idol girl grup saat ini lebih banyak menonjolkan keseksian mereka, dengan pakaian dan dance serta alunan musik yang provokatif dan genit, hal tersebut tidak dipandang seksi oleh orang umum malahan terlihat murahan.
Dan tiba-tiba Girl's day kembali dengan MV terbaru mereka Darling, yang mengusung tema Cute dan Sweet namu tetap dalam MV nya mereka mengumbar-umbar tubuh mereka.

keempat member tersebut ialah Sojin yang merupakan Leader dan Lead Vocalist, dari segi umur, usia Sojin jauh di atas umur-umur member Girl's day lainnya, Sojin lahir tahun 1986. Minah ialah main vocalist dari Girl's day, merupakan tertua ke-dua setelah Sojin. Dia bisa mencapai high notes dan suaranya sangat unik.

Dua anggota lainnya ialah, Yura dan Hyeri. Menurut q kualitas vokal dan dance mereka biasa-biasa saja..apa mereka sebgai visualnya saja ya??


(Sexy Bitchy + Cheap + Cute)
Grup keluaran DSP Media yang meanungi pendahulu mereka girl idol Kara yang memiliki kesuksesan di Jepang dan negara lainnya. Rainbow ini terdiri dari 7 orang. Pertama kali muncul sudah sangat seduktif dengan debut perdana mereka A. Mereka sepertinya malah menjadi saingan Kara. karena pada saat mereka debut Kara sedang dalam masa krisis, dimana beberapa Member Kara ingin hengkang dari Kara. Apa mungkin member Rainbow ini lebih seksi dan lebih terlihat anggun dari pada Kara yang terlihat cute. who knowwss...?


Gw baru melirik rainbow setelah iseng-iseng dengerin musik mereka yang judulnya "Tell Me Tell Me" mereka terlihat lebih feminim manusiawi dengan tidak begitu mengumbar-umbar tubuh mereka dari outfit dan gerakan dance mereka pada musik mereka sebelumnya A.

Rainbow mempunyai sub-unit Rainbow Blaxx yang konsepnya sangat provokatif dan vulgar, dilihat dari MV, dan Live perfomancenya juga. sanagt murahan...

Main vocalistnya ialah Hyon Yong, dan leader serta vokalis lainya ialah JaeKyung. Mereka tampil baik saat Live juga.

Jisook juga merupakan vocalist, tapi kurang diekspos. dan main rappernya ialah Woori, suaranya unik, berat, dan keren.

Sedangkan member lainnya kurang diekpsos bakatnya, yakni Se Mi, Yoon Hye, dan No Eul. Tapi dari dua nama terakhir tersebut visual mereka juga kurang ditampilkan,


Dalshabet (Sexy + Flirty + Elegant)

Grup keluaran E-Tribe ini terdiri dari 6 orang. Mengenai Dal Shabet ini gw kurang tau banyak..karena kurang minat juga ke mereka..Waktu itu gw pernah nonton acara A Date With K-Pop Star, di situ seorang gadis singapura bernama Julie Tan yang jadi gadis yang bisa nge-date sama artis K-Pop, dan sebagian besar episode selalu memunculkan member-member dari Dal Shabet ini. Dari segi tingkah laku member Dal Shabet di sana sih mereka orang-orang yang ramah dan baik hati serta sopan, dan dari segi berpakaian mereka juga sopan tak seperti saat mereka tampil Live di Comeback Stage meereka.

Pada Comeback mereka dengan judul Be Ambitious mereka tampil sexy dengan nuansa yang provokatif..dari MV nya pun terlihat mereka sangat menonjolkan kaki-kaki mereka dan terkesan "dimurahkan".

Saat tampil live yang bagi gw member dengan suara gak fals dan masih enak didengar ialah si Woohee dan Subin..gw jg tau dia dari K-Drama Reply 1994, dia cuma jd figuran sih..

 Dan Main Vokalisnya ialah Miyeon..tapi saat tampil Live dia kurang "all out" , dan gw jadi bingung..ini main vocalist atau cuma visual aj..dan Main rappernya ialah Ga eun, dan sepertinya line dia di setiap lagu sangat kurang dan dia sering berada di barisan belakang line dance..
Sedangkan member-member lainnya (Ja young, Jung Yoon) menurut gw kurang punya bakat buat jadi penyanyi ataupun dancer. Mungkin mereka punya bakat lainnya yang lebih baik dari pada ini. tapi setidaknya Jung Yoon bisa berkomunikasi menggunakan bahasa inggris dengan lancar.


AOA (From a Band to Sexy Bitchy + Cheap + Flirty + Sensual)

Pada awalnya AOA merupakan sebuah Girl-Grup Idol Band, masing-masing mereka dapat memainkan alat-alat musik. Mereka merupakan grup asahan FNC Entertainment, yakni agensi yang membawahi Boy Grup Idol Band terkenal seperti CNBLUE dan FT ISLAND. Tapi, sayang mereka tak bisa seterkenal san sesukses pendahulu mereka tersebut, walaupun umur mereka terpaut sama dengan pendahulu mereka tersebut.

Tiba- tiba AOA pun bertransformasi menjadi Girl Group Idol biasa seperti girl-group lainya yang mengambil konsep Sexy pada segi musik mereka. Awalnya mereka muncul dengan konsep seksi biasa yang mengekspos pada kaki mereka dan tarian yang sensual, hal ini dapat terlihat di comeback mereka dengan judul ""Confused", tapi bagi gw dance, irama, dan outfit dari comeback ini tidak terllau provokatif. Ya..memang mereka tampil seksi dan seduktif tapi tak terlihat vulgar.

Setelah kesusksesan Confused dengan konspe seksi yang seduktif, seperti manajemen mereka ingin membuat AOA menjadi lebih terbuka lagi dan manaikan rating mereka, AOA muncul dengan konsep Sexy dengan kesan yang sangat provokatif sensual seduktif vulgar, mereka terkesan seperti gadis-gadis murahan yang menjual dirinya. Mereka terlihat sangat diekspos pada comeback mereka berjudul Miniskirt.

Dari segi MV, photoshooting sampai Live performance mereka, mereka sangat tampil vulgar dengan dance yang sangat seduktif dan bitchy. Walaupun dance mereka terlihat bitchy, sebenarnya dance mereka sangat asyik untuk dipraktekan dihadapan sesama wanita aja ya..saat tampil Live mereka kurang ALL OUT bakat mereka. Suara mereka agak Fals dan bergetar dan sulit bernapas saat bernyanyi dan dance sekaligus. Atau mungkin dikarenakan dance mereka sedikit ribet kah?? tapi dibandingkan Girl Group lain yang memiliki musik dan dance yang up beat, mereka sangat terlihat payah tampil Live, kecuali ada 2 orang yang terlihat bagus.

Mungkin mereka pun tak ingin menjadi seperti itu, apa boleh buat mereka sudah dikontrak manajemen maka mereka harus patuh. Sebenrnya gw cukup kasihan sama mereka, saat gw nonton Chomdangdon 111, mereka terlihat seperti gadis-gadis baik dan sopan lainnya. Mereka simple dan lembut serta berbakat (dalam bidang alat musik)

Main vocalistnya ialah Choa, suaranya sangat indah dan tinggi dan sexy, tipikal suara-suara penyanyi barat..tapi sayang, saat tampil live ida kurang berkontribusi, suaranya fals, apa karena sulit mengatur nafas saat ngedance juga, dia butuh latihan lagi. Dan Main Rappernya ialah Jimin, suaranya unik seperti suara yang beraksen dari desa, Jimin dapat tampil baik pada saat live, dia tidak fals ataupun lipsync.

Lead vocalistnya ialah Yuna, suaranya bagus dan cute seduktif dia juga tampil sangat baik saat Live. Vocalist lainnya yang menurut gw bagus ialah Minah, suaranya berat dan cantik tapi sayng lainya sangat sedikit.

Sisa member dengan bakat yang kurang ditonjolkan ialah Hyejeong (vokalis) dan Chanmi (rapper). Saat tampil Live mereka terdengar kurang all out, atau karena line nya sedikit.

Face dari grup ialah Seolhyun, dia selalu berada paling depan, walaupun seharusnya bukan saatnya dia harus ditampilakan pada bagian depan. Bakatnya sangat kurang terlihat.

Comments